Senin, 24 Oktober 2011

PERANGKAT JARINGAN KOMPUTER

1. Switch/Hub
Hub
 

Pusat dari jaringan yang akan mengatur lalu lintas data dalam jaringan. Semua kabel di komputer akan berakhir pada colokan yang ada pada switch/hub. Fungsi switch dan hub sebenarnya tak jauh berbeda.
Yang membedakan keduanya hanya kemampuannya dalam mengatur lalu lintas data. Switch memiliki kemampuan yang lebih baik dalam pengaturan lalu lintas data karena bisa mengatur jalur dan informasi yang dilaluinya.

2. RJ45
RJ45

Dipasang pada kedua ujung dari kabel yang akan menghubungkan komputer dengan switch. Untuk memasang RJ45 diantara kabel komputer dan switch, kita harus menggunakan urutan warna kabel straight. Maksudnya ujung dari tiap kabel memiliki warna yang sama.
Urutan warna yang standard digunakan adalah orange putih - orange - hijau putih - biru - biru putih - hijau - coklat putih - coklat. Urutan di kedua ujung sama. Setelah memasang kabel dalam RJ45, kita butuh crimping tool untuk menjepitnya. Jadilah kabel jaringan ini.


3. Kartu Jaringan

 Kartu Jaringan

Komputer masa kini biasanya sudah dilengkapi dengan alat yang satu ini. Dengan adanya kartu jaringan, komputer dapat terhubung ke dalam jaringan dan saling berbagi data dan resource.


4. Kabel
Thin Coaxial cable

Thick Coaxial cable

STP cable


UTP cable


Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Kabel yang digunakan memiliki kemampuan atau spesifikasi yang berbeda. Pada umumnya, ada dua jenis atau dua tipe kabel yang digunakan untuk jaringan, yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair) serta kabel koaksial yang terdiri dari thin coaxial dan thick coaxial.

 
source : http://www.anneahira.com/perangkat-jaringan-komputer.htm 
         Teknologi Informasi dan Komunikasi SMA untuk kelas XI

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar