Senin, 03 Oktober 2011

SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

ASAL MULA INTERNET

Jarngan Internet adalah rangkaian komputer yang terhubung menerusi beberapa rangkaian. Internet adalah sistem komputer umum, yang saling terhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Cara menghubungkan rangkaian ini dinamakan internetworking

Awalnya, Internet berasal dari sebuah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang dihubungkan dengan kabel yang membentuk sebuah jaringan (network). Pertama kali tahun 1969, Internet dikembangkan dengan nama ARPAnet (Advanced Research Projects Agency) oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat. ARPAnet dibangun dengan tujuan membuat jaringan komputer yang tersebar untuk menghindari pemusatan informasi di satu titik yang diperkirakan rawan untuk dihancurkan bila terjadi peperangan.

Tahun 1977, lebih dari seratus komputer mini dan mainframe terkoneksi ke ARPAnet yang sebagian besar berada di universitas. Hubungan komputer ini dimanfaatkan oleh dosen-dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi tanpa meninggalkan komputer. Awal tahun 1980-an, ARPAnet dibgagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPAnet dan Milnet. Milnet merupakan jaringan militer, di mana keduanya mempunyai hubungan sehingga komunikasi tetap dapat berjalan. Jaringan terkoneksi ini disebut DARPA Internet, tetapi selanjutnya hanya disebut Internet. Internet hanya bisa diakses dengan komputer mini dan mainframe. Setelah dibukanya layanan Usenet dan Bitnet, Internet dapat diakses melalui Personal Computer (PC). Protokol yang digunakan adalah TCP/IP dengan penggunaan DNS (Domain Name System).

Tahun 1986, dibentuk NSFNET (National Science Foundation Network). NSFNET mulai menggantikan ARPAnet. Pada Maret 1990, ARPAnet dibubarkan. Pada masa NSFNET, berbagai jaringan internasional didirikan dan dihubungkan ke NSFNET. Saat ini terdapat  lebih dari 4.000.000 host Internet di seluruh dunia. Tahun 1988, Internet tumbuh secara cepat dan berlipat ganda setiap tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar